Kelas : X SMA
Semester : 1
Alokasi Waktu :
45 menit
Pertemuan ke :
1 (pertama)
Topik : Mental Sehat
Tugas Perkembangan :Mencapai
kestabilan mental sehat dan mampu mengaplikasikannya secara konsisten
Bidang Bimbingan : Kelompok
Fungsi Bimbingan : Pemahaman
Jenis Layanan : Layanan
Informasi/Kelompok
Faktor Pendukung : Himpunan data
- Standar kompetensi:
Agar
siswa memiliki mental yang sehat untuk mewujudkan secara emosional, social dan
intelektual
- Kompetensi Dasar
1.
Siswa dapat memahami pengertian mental sehat
2.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri mental sehat
3.
Siswa dapat mengetahui teori-teori mental sehat
4.
Siswa dapat memahami dampak mental yang tidak sehat
5.
Siswa dapat mencoba cara-cara agar bisa mempunyai metal
sehat
- Indikator
1.
Produk
a
Memahami pengertian mental sehat
b
Menyebutkan cirri-ciri mental sehat
c
Mengetahui teori-teori mental sehat
d
Memahami dampak mental yang tidak sehat
e
Siswa dapat mencoba cara-cara agar bisa mempunyai
mental sehat
2.
Proses
a
Mendengarkan presentasi konselor
b
Mencatat
c
Bertanya jawab
3.
Ketrampilan social
Melakukan interaksi komunikasi bertanya dan berpendapat
- Tujuan
1.
Produk
a
Siswa diberi contoh kasus tentang mental yang tidak sehat
dan bagaimana cara menjadi bermental sehat
b
Siswa diberi contoh kasus tentang mental yang tidak
sehat dan mengidentifiasi penyebabnya
- Materi
1.
Mental sehat
2.
Langkah-langkah mempunyai mental sehat
- Metode
1.
Pendekatan klasikal
2.
Bimbingan kelompok
3.
Presentasi dan tanya jawab
4.
Diskusi
5.
Demonstrasi
- Profesi lain yang disertakan
- Kegiatan
Pendahuluan
(± 5 menit)
1.
Salam dan berdoa
2.
Memperkenalkan diri dan anggota
3.
Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi proses,
produk, dan ketrampilan social
Inti
(± 35 menit)
4.
Konselor meminta siswa / kliean untuk membentuk
kelompok terdiri 6-10 orang tiap kelompok
5.
Dalam posisi duduk berkelompok, konselor bertanya
tentang makna mental sehat
6.
Konselor memberi gambaran mental sehat
7.
Konselor mengajukan 2 contoh kasus mental yang tidak
sehat dan siswa diminta untuk mendiskusikan cara pemecahanny agar memiliki
mental yang sehat kembali
8.
Tiap kelompok diminta wakilnya untuk
mempresentasikannya
- Penutup (± 5 menit)
1.
Konselor merangkum pentingnya mempunyai mental sehat
2.
Doa
- Sumber dan Alat
- Penilaian dan Interpretasi
1.
Pengendali pengamatan / observasi
lembar pedoman pengamatan
2.
Tulis
a
Jelaskan pengertian mental sehat
b
Sebutkan ciri-ciri mental sehat
c
Sebutkan teori-teori mental sehat
d
Jelaskan dampak mental yang tidak sehat
e
Jelaskan cara untuk mempunyai mental sehat
Surabaya, 10 September 2012
Mengetahui / Menyetujui
Koordinator Konselor
( …………………… ) (
………………….. )
Mengetahui
Kepala Sekolah
(………………………)