Jumat, 30 November 2012

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ( RPBK )




Kelas                                       : X SMA
Semester                                  : 1
Alokasi Waktu                        : 45 menit
Pertemuan ke                          : 1 (pertama)
Topik                                       : Mental Sehat
Tugas Perkembangan         :Mencapai kestabilan mental sehat dan mampu mengaplikasikannya secara konsisten
Bidang Bimbingan                  : Kelompok
Fungsi Bimbingan                   : Pemahaman
Jenis Layanan                          : Layanan Informasi/Kelompok
Faktor Pendukung                  : Himpunan data


  1. Standar kompetensi:
Agar siswa memiliki mental yang sehat untuk mewujudkan secara emosional, social dan intelektual
                     
  1. Kompetensi Dasar
1.      Siswa dapat memahami pengertian mental sehat
2.      Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri mental sehat
3.      Siswa dapat mengetahui teori-teori mental sehat
4.      Siswa dapat memahami dampak mental yang tidak sehat
5.      Siswa dapat mencoba cara-cara agar bisa mempunyai metal sehat

  1. Indikator
1.      Produk
a         Memahami pengertian mental sehat
b        Menyebutkan cirri-ciri mental sehat
c         Mengetahui teori-teori mental sehat
d        Memahami dampak mental yang tidak sehat
e         Siswa dapat mencoba cara-cara agar bisa mempunyai mental sehat
2.      Proses
a         Mendengarkan presentasi konselor
b        Mencatat
c         Bertanya jawab
3.      Ketrampilan social
Melakukan interaksi komunikasi bertanya dan berpendapat

  1. Tujuan
1.      Produk
a         Siswa diberi contoh kasus tentang mental yang tidak sehat dan bagaimana cara menjadi bermental sehat
b        Siswa diberi contoh kasus tentang mental yang tidak sehat dan mengidentifiasi penyebabnya
  1. Materi
1.      Mental sehat
2.      Langkah-langkah mempunyai mental sehat

  1. Metode
1.      Pendekatan klasikal
2.      Bimbingan kelompok
3.      Presentasi dan tanya jawab
4.      Diskusi
5.      Demonstrasi

  1. Profesi lain yang disertakan

  1. Kegiatan
Pendahuluan (± 5 menit)
1.      Salam dan berdoa
2.      Memperkenalkan diri dan anggota
3.      Menyampaikan inti tujuan bimbingan meliputi proses, produk, dan ketrampilan social
Inti (± 35 menit)
4.      Konselor meminta siswa / kliean untuk membentuk kelompok terdiri 6-10 orang tiap kelompok
5.      Dalam posisi duduk berkelompok, konselor bertanya tentang makna mental sehat
6.      Konselor memberi gambaran mental sehat
7.      Konselor mengajukan 2 contoh kasus mental yang tidak sehat dan siswa diminta untuk mendiskusikan cara pemecahanny agar memiliki mental yang sehat kembali
8.      Tiap kelompok diminta wakilnya untuk mempresentasikannya

  1. Penutup (± 5 menit)
1.      Konselor merangkum pentingnya mempunyai mental sehat
2.      Doa

  1. Sumber dan Alat

  1. Penilaian dan Interpretasi
1.      Pengendali pengamatan / observasi
lembar pedoman pengamatan
2.      Tulis
a         Jelaskan pengertian mental sehat
b        Sebutkan ciri-ciri mental sehat
c         Sebutkan teori-teori mental sehat
d        Jelaskan dampak mental yang tidak sehat
e         Jelaskan cara untuk mempunyai mental sehat

Surabaya, 10 September 2012

Mengetahui / Menyetujui                                                             

      Koordinator                                                                                        Konselor





( …………………… )                                                                  ( ………………….. )

Mengetahui
Kepala Sekolah




(………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar