I. IDENTITAS
- Anggota kelompok :
1. Nama
:
Alamat :
Hobby :
2. Nama
:
Alamat :
Hobby :
3.
Nama :
Alamat
:
Hobby :
4. Nama :
Alamat :
Hobby
:
5. Nama
:
Alamat :
Hobby :
6. Nama
:
Alamat :
Hobby :
7. Nama
:
Alamat
:
Hobby
:
- Mahasiswa Kelas:
- Pertemuan : Ke-1
- Pemimpin kelompok :
A. KEGIATAN
Hari/tanggal :
Pertemuan ke :
Waktu :
Tempat :
Ruang Kelas
Hasil :
B.
ANALISIS TUGAS
1.
PRAKTEK KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok
ini berisikan empat tahap yaitu :
a. Tahap
Pembentukan
Pada tahap ini dilakukan perkenalan antar anggota dengan
permainan rangkaian nama. Dalam kegiatan ini tempat duduk peserta juga diatur
dengan membentuk lingkaran. Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan
salam dan ucapan terimakasih atas kehadiran anggota pada hari yang telah
disepakati. Setelah
berdoa, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan:
1) Pengertian dan
Tujuan bimbingan kelompok
Bimbingan
kelompok adalah bimbingan yang diberikan secara kelompok untuk memberikan
informasi guna membantu anggotanya dalam menyusun rencana dan keputusan yang
tepat. Tujuannya adalah memberikan wawasan, pandangan dan pemahaman pada
anggota terhadap topik yang dibahas. Selain itu, melatih anggota agar mampu
berbicara didepan banyak orang, berani mengemukakan pendapat, saran, tanggapan
didepan anggota lain.
2) Cara Pelaksanaan
Masing - masing anggota diminta
secara sukarela untuk berbicara, mengeluarkan perasaan-perasaannya, pendapat,
saran dan tanggapannya dengan terbuka. Pada saat salah satu anggota sedang
mengemukakan pendapatnya, anggota yang lain mendengarkan dengan baik.
3) Asas yang perlu dilaksanakan
a) asas
kesukarelaan, semua anggota dapat mengeluarkan pendapat dan tanggapannya secara
sukarela dan spontan tanpa adanya paksaan.
b) Asas
keterbukaan, anggota kelompok dapat mengutarakan perasaan-perasaan, saran dan
pendapatnya secara terbuka.
c) Asas
kenormatifan, ketika ada anggota yang sedang berbicara, anggota yang lain
mendengarkan.
b. Tahap
Peralihan
Pada tahap
ini tidak ada keengganan pada masing-masing anggota karena mereka sudah saling
mengenal anggota satu sama lain. Ini terlihat dari kesiapan anggota untuk
segera memulai pada tahap kegiatan.
c. Tahap
Kegiatan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Pendapat dari anggota
d. Tahap
Pengakhiran
Untuk
tahap pengakhiran, pemimpin kelompok memberitahukan bahwa kegiatan akan segera
diakhiri karena waktu yang disepakati akan segera berakhir dan tidak
memungkinkan untuk dilanjutkan. Kemudian pemimpin kelompok meminta anggotanya
untuk menyimpulkan hasil yang diperoleh pada kegiatan kelompok ini. Setelah itu
dilanjutkan membahas penetapan waktu dan tempat pertemuan selanjutnya. Dan
terakhir, anggota tidak lupa diminta untuk mengungkapkan pesan dan kesan. Tidak
lupa pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih atas kesediaan anggota
meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dan kemudian
berdo’a bersama-sama.
Kesimpulan!!!
2. HASIL YANG
DIRASAKAN OLEH PEMIMPIN KELOMPOK
Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan
kelompok ini adalah anggota dapat belajar mengemukakan pendapat dan
tanggapannya secara terbuka. Selain itu anggota juga dapat mengetahui bahwa
sebenarnya bimbingan kelompok tidak hanya menasehati dan melarang kegiatan yang
yang dilakukan oleh individu dengan ini – itu.
Tetapi juga bimbingan kelompok ini
dapat membantu dan memberikan informasi, manambah wawasan, bertukar pikiran dan
membahas topik yang menarik.
1. Komunikasi
Komunikasi antara anggota dengan
pemimpin kelompok berjalan dengan baik meskipun kadang anggota terkesan sering
bercanda.
2. Sarana/prasarana
Sarana dan
prasarana yang disiapkan oleh pemimpin kelompok dalam kegiatan bimbingan ini
meliputi tempat/ruang untuk kegiatan.
3. Pendukung
kegiatan bimbingan kelompok.
Ø Siswa aktif mengikuti kegiatan
Ø Siswa dapat memberikan solusi kepada pihak yang
bermasalah
Ø Guru pembimbing dapat membantu lancarnya kegiatan
4. Penghambat
kegiatan ( tidak ada / dapat berjalan dengan baik).
Permainan
Bernyanyi
dengan sambil berdiri untuk merefresh pikran dan agar mepererat hubungan antar
anggota.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar